Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android
Aplikasi terhenti di Android serangkaian aplikasi mobile yang mempermudah dan memberikan hiburan. Namun, sistem operasi seluler juga dapat mengalami masalah. Salah satunya adalah bahwa aplikasi berhenti tiba-tiba. 
Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi aplikasi yang secara tiba-tiba force close yang harus diketahui pengguna Android. Jadi Anda tidak perlu khawatir mendapatkan peringatan tiba-tiba jika aplikasi Anda mogok. 
 

Penyebab aplikasi Terhenti di Android 

Sebelum kita berbicara tentang cara memecahkan masalah aplikasi, mari kita kenali dulu penyebabnya. Beberapa aplikasi Android mungkin hang secara tidak terduga saat digunakan. Pesan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately app has stopped” ditampilkan saat aplikasi dihentikan. Jadi apa penyebab sebenarnya? Dua penyebab paling umum adalah: 
 

1. RAM Penuh 

Aplikasi Android sepenuhnya bergantung pada RAM yang digunakan. Memori RAM mempengaruhi perilaku aplikasi. Jika Anda memiliki memori terbatas tetapi terlalu banyak aplikasi latar belakang, perangkat Anda akan penuh. 
Hal ini menyebabkan memori habis saat aplikasi sedang berjalan. Oleh karena itu, meskipun tidak sepenuhnya dapat digunakan, akan ada masalah saat membukanya. 
 

2. Mengumpulkan file dalam cache aplikasi 

Semua aplikasi di sistem Android selalu menyimpan file untuk mempercepat penggunaan berikutnya. Namun, jika Anda tidak membersihkannya secara rutin, file cache tersebut akan menumpuk. Hal ini akan menurunkan kinerja smartphone Anda. 
Salah satunya saat menjalankan aplikasi. Aplikasi mungkin membutuhkan waktu lama untuk merespons atau mungkin berhenti tiba-tiba saat digunakan. 
 

Cara memperbaiki aplikasi yang macet di Android 

Beberapa alasan mengapa aplikasi berhenti tiba-tiba bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dan memperbaiki tiga cara untuk memperbaiki aplikasi yang macet ini. Anda tidak hanya dapat memperbaiki aplikasi yang beku, tetapi Anda juga dapat meningkatkan kinerja ponsel cerdas Anda. 

 
 1. Periksa kartu SD 

Anda dapat menggunakan kartu microSD tambahan dengan sebagian besar smartphone Android. Tentunya fungsinya adalah memori tambahan untuk menyimpan berbagai file yang masuk, termasuk aplikasi yang terinstal. 
Namun, mungkin ada masalah dengan kartu microSD yang Anda gunakan. Inilah sebabnya mengapa berhenti saat menggunakan aplikasi Android. 
 
Solusi untuk aplikasi yang diblokir ini dapat dilakukan dengan mematikan smartphone dan mengeluarkan kartu microSD bekas dari slotnya. Jika kemudian Anda biarkan sebentar, coba sambungkan dengan benar dan mulai ulang ponsel cerdas Anda. 

 
2. Hapus cache aplikasi dan data 

Kesalahan cache aplikasi dan data ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi. Jika demikian, itu dapat dikelola di manajer aplikasi. Untuk melakukan ini, bersihkan cache aplikasi dan data dari ponsel pintar Android Anda. 
 
Klik menu Setting > Manage Applications, lalu pilih Applications > Clear cache > Clear data. Selain cara manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi di Android. Membersihkan aplikasi di Android seperti CCleanser membantu Anda membersihkan semua aplikasi secara bersamaan. 
 

3. Copot pemasangan lalu instal ulang aplikasi 

Jika dua metode sebelumnya tidak menyelesaikan masalah, aplikasi itu sendiri mungkin menjadi penyebabnya. Beberapa data aplikasi mungkin rusak dan tidak berfungsi. Oleh karena itu, cara selanjutnya untuk mem-bypass aplikasi yang dibekukan adalah dengan mencopot dan menginstal ulang aplikasi. 
 
 Metode ini dapat menghabiskan kuota karena aplikasi perlu diinstal ulang. Namun, ini bisa menjadi cara paling ampuh untuk menangani aplikasi yang mogok. Untuk melakukannya, klik menu Pengaturan dan pilih Manajer Aplikasi > Aplikasi > Hapus Instalasi. Anda juga dapat menginstal ulang dengan membuka Google Play Store, memilih aplikasi yang dihapus, dan mengklik Instal. 
 
Anda dapat mempelajari cara memperbaiki aplikasi beku di Android untuk mengatasi masalah menggunakan aplikasi. Tentu kita juga tahu penyebab kegagalan tersebut. 
Oleh karena itu, langkah-langkah untuk memecahkan masalah akan diambil sesuai. Selain itu, pembersihan cache dan data aplikasi secara rutin juga meningkatkan kinerja aplikasi yang sedang berjalan. Semoga berhasil.