5 Tips Cara Mencegah Pencurian Data Ponsel Android

Pencurian Data Ponsel Android

Ponsel dan ponsel Android adalah barang berharga yang perlu diperhatikan untuk tingkat keamanannya. Disebut berharga karena menyangkut data pribadi yang tersimpan di ponsel, bukan harga ponsel. Dengan banyaknya pencurian data di smartphone Android, kita perlu lebih waspada dan mencari cara untuk mencegahnya. 

Panduan Tip dan Trik Mencegah Pencurian Data di Ponsel Android 

Kasus pencurian data di ponsel pribadi telah terdeteksi oleh aplikasi yang diunduh pengguna. Berdasarkan penelitian setidaknya, ada sekitar 1.000 aplikasi lain yang melanggar aturan dan diam-diam mencuri data pribadi. Nah, sebelum Anda menguji sesuatu seperti ini, Anda harus mempertimbangkan tips berikut. 

 
1. Mengaktifkan Lost Mode and Android Device Manager 

Lost Mode and Android Split Manager adalah fitur yang dapat diaktifkan untuk mencegah pencurian data di ponsel Android Anda. Dengan mengaktifkan mode hilang, Anda dapat melindungi ponsel Anda dari jarak jauh dan mencegah pencuri memulihkan data pribadi Anda. Hal ini dapat dilakukan jika ponsel Anda dicuri oleh orang lain. 
 
Demikian pula, Anda dapat mengetahui lokasi ponsel Anda yang hilang dengan mengaktifkan Pengelola Perangkat Android. Namun, jika data seluler dicuri dari aplikasi yang diunduh, tips berikut mungkin bisa menjadi solusinya. 
 

2. Selalu perhatikan izin aplikasi 

Sebelum mengunduh apk, Anda perlu memperhatikan izin apk. Dengan memperhatikan izin APK, Anda dapat mencegah pencurian data oleh aplikasi jahat. Berhati-hatilah jika Anda mengalami masalah saat mengunduh aplikasi. Anda harus menghapus aplikasi dan mencari aplikasi lain yang serupa. 
 
 Namun, jika Anda benar-benar membutuhkan apk, Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu. Anda dapat mencari di mesin pencari aplikasi Google dan perusahaan yang memproduksi apk. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apakah apk tersebut dapat dipercaya dan tidak pernah terlibat dalam kasus pencurian data atau penipuan. 
 

 3. Unduh APK hanya dari Google Playstore atau App Store. 

Jangan mengunduh APK dari situs web Jika Anda menemukan APK di situs web yang ingin Anda unduh, silakan keluar dari situs web terlebih dahulu. Kemudian cari aplikasi di Google Store atau App Store dan unduh apk dari sana. 
 
Tidak semua aplikasi tersedia, tetapi 100% dapat diandalkan, tetapi masih bisa lebih baik. Menurut Stephen Hart, kualitas dan standar aplikasi yang tersedia di platform diperiksa. Ini untuk memastikan bahwa Anda menerapkan kebijakan tertentu untuk melindungi data konsumen Anda. 
 
Selain itu, mengunduh apk dari situs web membuat perangkat seluler Anda berisiko terkena virus, ransomware, malware, malware, dan bahkan peretas yang dapat mencuri data dari ponsel Android Anda. 
 
 

4. Perbarui perangkat lunak Anda 

Ini penting untuk melindungi data seluler Anda. Dengan memperbarui secara teratur, Anda dapat menjaga perangkat lunak Anda di depan apa yang mungkin coba dilakukan peretas untuk mencuri data pribadi Anda. Jika mau, Anda dapat mengubah pengaturan perangkat seluler selama pembaruan otomatis. 
 

5. Hati-hati saat menggunakan WiFi publik 

Jika Anda sering menggunakan WiFi gratis di tempat umum saat bepergian, sebaiknya hindari transaksi dan komunikasi penting karena Anda dapat melacak ponsel yang saya miliki. Dari pengguna Wi-Fi di jaringan yang sama dengan Anda. Ini adalah penyebab umum pencurian data di ponsel Android Anda tanpa sepengetahuan Anda. 
 
 Berikut adalah 5 tips sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mencegah pencurian data di ponsel Android Anda. Selalu waspada dan hati-hati.