5 Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Performa Tetap Terjaga

cara merawat smartphone

Cara Merawat Ponsel Pintar Agar Tahan Lama Ponsel Pintar merupakan hal yang wajib dimiliki dalam kehidupan manusia. Artinya manusia tidak bisa meninggalkan smartphone, meski hanya untuk satu hari. Apalagi keberadaan ponsel pintar ini bisa membantu dan menunjang aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, perlu diketahui cara merawat smartphone agar tetap awet dan terjaga performanya meski digunakan sehari-hari. Jika Anda menginginkan smartphone yang lebih awet. Ikuti langkahnya semuanya melalui penjelasan berikut ini.

1. Hindari penggunaan smartphone sambil di-charger

jangan menggunakan smartphone sambil di charge

Untuk menjaga performa HP di sisi baterai, sebaiknya hindari penggunaan smartphone saat mengisi daya. Mengapa saya tidak bisa melakukan ini? Salah satu tindakan yang menurunkan kinerja HP ​​adalah menggunakannya saat suhu tinggi. 

Alasannya adalah prosesor yang terlalu tinggi dalam proses pengisian daya atau aplikasi menggunakan terlalu banyak RAM, yang dapat menyebabkan suhu tinggi. Tidak hanya itu, menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat memperlambat koneksi internet Anda.

2. Tingkat rasio charger yang salah

rawat baterai dengan cara mencharge yang benar

Sebagian besar dari kita tidak memahami fakta bahwa kinerja baterai sangat rendah sehingga tidak dapat bertahan lama, membuat smartphone terlalu sering dalam kondisi baterai habis. Dan maksud dari rasio di sini adalah agar baterai ponsel tidak terlalu penuh. 

 Dalam beberapa hal, perbaiki hingga maksimum 40% dan coba isi daya penuh secara teratur. Tanpa alasan, jika ponsel Anda berbasis lithium, isi daya lebih sering daripada biarkan kosong. Kami percaya bahwa jenis proporsi ini dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas Anda.

3. Gunakan pelindung smartphone layar tambahan

gunakan pelindung layar smartphone Anda

Layar smartphone perlu lebih dilindungi karena ada risiko kecelakaan pada smartphone. Hal ini dikarenakan smartphone cepat rusak karena sering terbentur atau tergores. 

 Oleh karena itu, untuk menjaga performa layar smartphone, kami menggunakan tempered glass untuk melindungi layar smartphone. Jadi tindakan ini kecil kemungkinannya untuk merusak atau merusak layar Anda. Di bagian belakang, Anda dapat menggunakan berbagai macam soft case sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Menjaga smartphone dari serangan virus dan malware

lindungi smartphone Kamu dari serangan Virus dan Mailware

Perhatian harus diberikan tidak hanya pada pencegahan eksternal, tetapi juga pada pencegahan internal. Intinya adalah serangan virus dan malware dapat membahayakan aplikasi Anda dan mengurangi kinerja ponsel cerdas Anda. Karena itu, lakukan tindakan pencegahan ini juga. 

 Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan atau menginstal antivirus terbaik untuk smartphone Anda. Oleh karena itu, keberadaan virus terdeteksi dan otomatis dihapus. Secara umum, jangan mengunduh aplikasi yang disediakan di situs web, karena sering menyebabkan virus atau malware berbahaya ke smartphone.

5. Jauhkan smartphone dari alat elektronik dan medan magnet

jauhkan smartphone dari barang elektronik dan magnet

Usahakan jauhkan smartphone Anda dari perangkat elektronik dan medan magnet lainnya agar performa layar tetap awet. Hal ini dikarenakan layar smartphone bisa kehilangan sensitivitas saat mencapai medan magnet yang dihasilkan oleh perangkat elektronik. 

 Selain itu, berkurangnya sensitivitas layar dapat merusak layar ponsel cerdas Anda lebih cepat. Karena itu, lebih banyak perhatian harus diberikan pada penempatan smartphone. Jangan sengaja menyimpannya. Hal ini juga untuk membuat smartphone Anda awet dan tahan lama. 

 Demikian uraian tentang lima cara merawat smartphone agar awet dan performanya tetap terjaga. Rawat smartphone Anda semaksimal mungkin, jadikan awet dan hilangkan kebutuhan untuk mengganti ponsel Anda dalam waktu singkat.